Friday, January 6, 2012

tips dan trik menghadapi masa menstruasi

              
  Banyak dari teman-teman kita, yang agak malu untuk membahastamu bulanan yang satu ini. Hey,, si tamu bulanan haid atau menstruasi ini sama sekali bukan masalah tabu, loh. Tapi, justru n nggak bingung lagi sobat. Yang pengen tau,, kita baca batreng-bareng yukkk!!
          Yup!  Ngomongin masalah reproduksi wanita, terkadang masih banyak yang menganggapnya hal tabu malu buat membahasnya. Padahal, yang namanya menstruasi atau yang sering kita sebut haid (kata temen aku sih special day for the girl: Nurul afdhaliah), adalah peride penting buat cewek yang normalnya datang setiap bulan. Boleh dibilang sih, kedatangan tamu bulanan ini nandain kalo kita mengalami perubahan normal menuju keewasaan. Biar semakin tau and paham tentang menstruasi dan serba-serbinya,, yukk kita baca saksama. So, read it, learn it, and understand it okayy.
Apa itu menstruasi???
            Menstruasi atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita, yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. You know what??bukan hanya manusia yang mengalami siklus seperti ini, loh. Periode ini juga terjadi pada hewan-hewan primata besar, sementara hewan menyusui lainnya mengalami siklus yang disebut siklus etrus (baca: masa siap dibuahi).
            Jarak siklus menstruasi pada wanita, umunya terjadi sekitar 28 hari. Tetapi, nggak semua cewek memilki siklus yang sama, terkadang siklus terjadi setiap 21-30 hari. Biasanya, menstrusi untuk normalnya berlangsung selama 5-7 hari, tapi ada juga yang berlangsung hanya 2 hari. Umumnya, darah yang hilang sekitar 10-80ml/hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35ml/hari.
Seorang cewek yang memasuki usia dewasa, ditandai dengan adanya menstruasi dan sistem reproduksinya bisa dibilang matang. Rahim kita sudah menghasilkan sel telur yang terdapat dalam indung telur dan bisa dibuahi oleh sperma. Tapi, kalo tidak dibuahi, maka rahim akan berkontraksi dan luruh menjadi darah yang keluar melalui vagina. Ini dia, yabg namanya menstruasi. Udah pada tau kan???
PMS itu normal, kok!
Saat haid, pasti nggak bisa lepas dari yang namanya PMS alias sindrom pra-menstruasi. Saat-saat seperti ini, biasanya kita ngalamin perubahan hormonal yang sifatnya fisik. Misalnya jerawatan, mual-mual, mengigil, badan pegel semua, payudara sakit dan seperti membengkak, sakit kepala dan nafsu makan bertambah. Selai itu, ada juga yang mengaami perubahan hormonal yang sifatnya psikologis. Seperti uring uringan, emosi, gampang marah, gampang tertawa dan menangis, bawaannya cemas/khawatir. Nah, kalo PMSnya udah mulai lebay kayak sakit kepala berlebihan bahkan kram perut sampe nggak bisa ngapa-ngapain, boleh juga minum obat yang mengandung ibuprofen. Kalo belum tau juga, coba deh naya-nanya obat yang mengandung ibuprofen pasti petugas apotiknya tau. Dijamin keram diperut and sakit kepala dijamin bakalan ilang!! ( kayak iklan obat ajah yah sobat heheheh).
Kenali tanda dan gejala PMS
Well,, dibawah ini adalah beberapa tanda dan gejala yang menyerang sebelum dan saat menstruasi:
a.       Perut terasa mulas
b.      Terasa nyeri saat buang air kecil
c.       Tubuh tidak fit
d.      Keputihan
e.       Radang pada vagina
f.       Gatal-gatal pada kulit emosi meningkat
g.      Nyeri dan bengkak pada payudara
h.      Bau badan tidak sedap
Mitos atau Fakta??
            Banyak mitos-mitos seputar menstruasi, yang kita ketahui dari orang tua ataupun kakak cewek kita. Misalnya kita nggak boleh keramas karena takut rambutnya akan dipertanggung jawabkan diakhirat nanti. Gals, faktanya kenapa kita nggak boleh keramas, karena air yang mengenai kepala akan menghentikan darah secara otomatis. Panas tubuh kita pada saat sedang haid akan berubah drastis begitu kepala terkena air. Jadi, yangseharusnya darah keluar 7 hari kena korting menjadi 3 hari saja. Kebayang kan ledies, sisa darah kotor yang masih tersisa didalam tubuh kita yang nantinya bisa menimbulkan penyakit lain dirahim.
            Ada juga yang bilang, selama haid kita nggak boleh olahraga. Wahh salah besar tuh, justru saat haid kita harus banya olahraga supaca kram diperut bisa ilang. Dan anggapan lain, keram yang luar biasa saat haid itu anggapan susah memiliki anak, semianya adalah mitos, sakit yang luar biasa dialami karena adanya PMS yang berkepanjangan. So,, kalian jangan sedih yah,, anggap ajah itu kado special dari tuhan!!
Hemmm,, masih ada nih tips buat kalian yang ingin mengilangkan rasa nyeri saat haid!! Mudah-mudahan ampuh!!
1.      Usahakan minum air putih yang banyak ( usahakan yang hangat yah ledies)
2.      Buatlah ramuan jahe. Caranya: rebus beberapa potong jahe yang udah dimemarkan dalam air, kemudian minumlah air jahe tersebut selahi hangat
3.      Untuk menghilangkan nyeri sementara waktu tempatkan handuk hangat disekitar perut bagian bawah.
4.      Minumlah teh yang beraroma mint
5.      Melakukan peregangan setiap pagi
Selamat mencoba yah ledies

0 comments:

Post a Comment

terima kasih buat yang sudah ngepost commentnya...
and makasih juga buat saran dan kritikan yang masuk

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Eagle Belt Buckles