Friday, November 25, 2011

Artikel Penelitian


 Kurangnya Minat Siswa SMAN 1 Liliriaja
Terhadap Kebersihan Sekolah

A.    Pendahuluan
Kebersihan merupakan hal yang sering orang abaikan terutama dalam hal membuang sampah. Sampah jika dibiarkan begitu saja malah akan menimbulkan penyakit yang merugikan diri kita sendiri. Seharusnya hidup dengan lingkungan yang bersih mestinya sudah diajarkan sejak dini agar kelak  dewasa menjadi hal yang terbiasa.
Bersih adalah sesuatu yang  bebas dari hal yang kotor. Jadi benda yang di katakan bersih apabila tidak ada kotoran berupa apa pun. Maka dari pengertian di atas bisa kita ketahui kebersihan berarti sesuatu hal yang harus dijaga dan dirawat dari hal-hal yang kotor yang dapat disenangi oleh kuman serta menjadi sarang penyakit (Divanatha, 2011).
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan penulis dilingkungan SMAN 1 Liliriaja, dapat dikatakan bahwa dilingkungan tersebut masih jauh dari kata bersih, sampah masih terdapat dimana-mana baik itu pembungkus permen, plastik minuman, pembungkus makanan dan lain sebagainya. Untuk meningkatkan kedisiplinan siswa membuang sampah, maka pentingnya kebersihan terhadap lingkungan perlu ditekankan oleh siswa agar lebih meningkatkan kedisiplinannya dalam hal membuang sampah.
B.     Isi
1.    Pengertian kebersihan dan lingkungan
Kebersihan selalu ada kaitannya dengan lingkungan oleh karena itu, kita perlu mengetahui apa itu lingkungan.
Adapun pengertian lingkungan adalah:
a.         Daerah/kawasan yang termasuk didalamnya
b.         Bagian wilayah dalam kelurahan yang merupakan lingkungan kerja pelaksanaan pemerintah desa
c.         Semua yang mempelajari pertumbuhan manusia atau hewan (Alwi, 2001).
Lingkungan sangat erat kaitannya dengan kebersihan karena kebersihan merupakan bagian dari lingkungan yang tidak dapat dipisahkan namun, ada lingkungan yang bersih adapula lingkungan yang tidak bersih. Kebersihan memang sudah menjadi masalah rutin dalam kehidupan sehari-hari, misalnya kebiasaan membuang sampah sembarangan oleh karena itu, kita harus menyadari apa itu kebersihan.
Kebersihan adalah perihal (keadaan) bersih, kesucian, kemurnian, ketulenan antara keadaan yang menurut kepercayaan, keyakinan, akal atau pengetahuan, manusia dianggap tidak mengandung noda dan kotoran (Alwi, 2001).
2.    Manfaat membuang sampah pada tempatnya
Adapun manfaat dari membuang sampah pada tempatnya adalah:
a.         Menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit yang ditimbulkan oleh sampah
b.         Untuk menghindari tumbuhnya jamur
c.         Meningkatkan nilai keindahan alam atau suatu tempat
d.        Mengurangi pencemaran lingkungan
Dilihat dari manfaatnya, seharusnya kebiasaan membuang sampah sembarangan harus segera dihilangkan karena bukannya manfaat yang kita peroleh melainkan dampak dari membuang sampah sembarangan itu sendiri yang kita dapatkan. Namun, kenyataannya masih banyak yang membuang sampah sembarangan seperti halnya dilingkungan SMAN 1 Liliriaja sampah masih bisa kita temui dimana-mana padahal sudah ditekankan bahkan sudah dikeluarkan tata tertib tentang membuang sampah pada tempatnya tapi, apa boleh buat itulah kebiasaan yang sangat sulit untuk dihilangkan.
3.    Dampak yang ditimbulkan oleh sampah
Setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia pasti menghasilkan sampah atau sesuatu yang tidak dipergunakan lagi. Oleh karena itu, dimanapun manusia hidup, pasti menimbulkan sampah.
Adapun dampak yang ditimbulkan oleh sampah yaitu:
a.         Sampah sebagai sarang vektor dan binatang pengerat
b.         Sampah sebagai sumber infeksi
c.         Sampah mencemari tanah dan air
d.        Sampah dapat mempengaruhi rantai makanan hewan ataupun manusia
e.         Sampah menggangu estetika (Sarudji, 2006: 286-289).

4.    Cara mengatasi sampah
a.         Dengan cara didaur ulang
Dengan adanya daur ulang, sampah yang tidak dapat terurai oleh tanah dapat kita daur ulang agar menjadi bahan yang berguna bahkan memilki nilai ekonomi yang tinggi.
b.         Ditimbun dengan tanah
Sampah yang bisa terurai dengan tanah, boleh kita timbun dengan tanah agar tidak menjadi tampungan air hujan dan menjadi sarang nyamuk.
c.         Membuat kompos dengan sampah
Sampah juga bisa digunakan untuk membuat kompos, itu akan mengurangi sampah dan meminimalisir penggunaan bahan kimia seperti pupuk, pestisida dan bahan kimia lainnya.
C.    Penutup
1.      Kesimpulan
·         Kebersihan adalah perihal (keadaan) bersih, kesucian, kemurnian, ketulenan antara keadaan yang menurut kepercayaan, keyakinan, akal atau pengetahuan, manusia dianggap tidak mengandung noda dan kotoran
·           Sampah itu bisa kita atasi jika kebiasaan membuang sampah pada tempatnya bisa kita terapkan sehari-hari dimanapun kita berada
2.      Saran
·           Agar kebiasaan membuang sampah sembarangan dihilangkan
·           Agar setiap yang membuang sampah sembarangan diberi sansi yang sesuai.



DAFTAR PUSTAKA
Alwi, Hasan dkk. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Divanatha, Putu Gusindra. 2011. http://SumberIlmu_KebersihanDanKesehatanDalam      HidupManusia.htm diakses tanggal 27 September 2011.
Sarudji, Didik. 2006. Kesehatan Lingkungan. Surabaya: Media Ilmu.

0 comments:

Post a Comment

terima kasih buat yang sudah ngepost commentnya...
and makasih juga buat saran dan kritikan yang masuk

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Eagle Belt Buckles